Selasa, 13 November 2012

MENGATUR POSISI DUDUK YANG BAIK DALAM MENJALANKAN KOMPUTER


Pemanfaatan teknologi computer saat ini sudah sangat luas ,hampir semua kegiatan manusia selalu memanfaatkan teknologi computer .  fakta menunjukkan bahwa banyak aktivitas manusia sangat tergantung pada kemampuan computer yang memang diciptakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya.  Pemakaian computer tidak hanya di lingkungan perkantoran saja , di dunia pendidikan  mulai dari tingkat SD hingga Perguruan tinggi dan lingkungan rumah tangga sudah mulai banyak yang memanfaatkan teknologi ini.
Banyak manfaat yang diperoleh dari pemanfaatan teknologi computer ,namun belum banyak yang mengerti dan menyadari bahwa pemakaian computer juga dapat menimbulkan masalah tersendiri .Masalah yang dimaksudkan adalah penyakit-penyakit akibat kerja yang disebabkan oleh pemakaian computer ,terutama bila bekerja dengan computer dalam jangka waktu yang lama dan terus-menerus.
Pemanfaatan teknologi computer hendaknya dapat menciptakan efisiensi kerja ,sehingga beban kerja menjadi ringan ,suasana kerja menjadi nyaman ,pekerjaan cepat terselesaikan dan tentunya tidak menimbulkan gangguan pada kesehatan sehingga semua orang betah  bekerja dengan memanfaatkan teknologi computer.

MENGATUR POSISI DUDUK
meja dan kursi computer adalah alat penunjang kerja yang menetukan kenyamanan kerja pengguna computer .  meja dan kursi yang tidak memenuhi persyaratan kerja yang baik (tidak ergonomic)  menyebabkan posisi duduk pemakai computer tidak nyaman sehingga mudah menimbulkan  kelelahan . meja computer yang baik adalah meja yang dilengkapi dengan alat sandaran kaki. Tinggi meja computer yang baik adalah
sekitar 55-75 cm,disesuaikan dengan ukuran kursinya dan tinggi operatornya.
   * posisi duduk : tempat duduk yg ideal dan bersandar,kursi ideal bisa berputar dan dpt diatur tinggi rendahnya, tempat duduk yg tidak bersandar dpt mnyebabkan punggung kelelahan

    * posisi mata : harus lurus dan tidak terlalu tinggi atau rendah,jika posisi mata tinggi atau rendah membuat leher cepat lelah,layar yg digunakan sebaiknya yg low radiasi , atau layar jenis LCD

    * posisi tangan ; pilih tuts keyboard yg lembut dan gunakan jari sebanyak mungkin untuk mengetik .


                 
              

Gambar. Posisi tangan dan duduk yang benar

Kursi yang baik adalah kursi yang dapat mengikuti lekuk punggung dan sandaranya (back rest) serta tingginya dapat diatur sesuai kebutuhan. Tinggi kursi harus disesuaikan sehingga kaki operator tidak menggantung pada saat duduk .kursi operator komputer yang baik adalah kursi yang dilengkapi dengan 5 kaki dan diberi roda, sehingga tidak mudah roboh serta mudah untuk digerakkan ke segala arah.
Timbulnya kelelahan dapat dicegah bila meja dan kursi dapat diatur sedemikian rupa sehingga pada saat bekerja sudut antara tangan dan lengan membentuk sudut tumpul  (lebih dari 90 derajat) , sedangkan kaki bersandar pada sandaran kaki dan kaki leluasa untuk bergerak di bawah meja.          

dipoposkan oleh : anggadoankzzz.blogspot.com

1 komentar:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699

    BalasHapus